header rs. qim

JAM BESUK

PAGI
Jam 10.00 - 13.00 WIB : R. Perawatan
Jam 10.00 - 12.00 WIB : R. HCU
Jam 11.00 - 12.00 WIB : R. Bayi
SORE
Jam 16.30 - 19.30 WIB : R. Perawatan
Jam 17.00 - 18.30 WIB : R. HCU
Jam 17.00 - 18.00 WIB : R. Bayi

KONTAK INFORMASI

Rumah Sakit QIM
Jl.Urip Sumohardjo, Sambong, Batang, Jawa Tengah
Telp : (0285) 4495222
Fax  : (0285) 4495224

RS QIM di FACEBOOK

Beranda Artikel SEHAT SELAMA PUASA
SEHAT SELAMA PUASA PDF Print E-mail
Ditulis oleh Rini Saputro   
Rabu, 10 Juli 2013 09:51

Masih banyak yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak bekerja maksimal karena lemas, lesu, mengantuk dan sebagainya, sehingga berakibat menurunnya produktivitas kerja. Kondisi itu bisa timbul karena perilaku tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa. Seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan yang berlebihan pada saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai tidak berolahraga. Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat tersebut, perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur dan berbuka puasa, agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa. Berikut ini beberapa tips khusus saat sahur dan berbuka puasa:

Saat Sahur

Saat berpuasa, bahan makanan penghasil energi utama yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak seperti hari-hari biasa. Karenanya jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi, baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Upayakan mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting karena pada siang hari, aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat, baik di luar ruangan atau ruang ber-AC. Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut. Bagi penderita sakit lambung, makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung. Setelah makan sahur jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan

Saat Berbuka

Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak. Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap makanan berat yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak kaget. Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik. Jika ini dilakukan, Insya Allah tubuh Anda akan sehat dan segar selama menjalankan ibadah puasa. Selamat berpuasa.(Sumber: ESQ News)

Last Updated on Rabu, 10 Juli 2013 14:06
 

Pendaftaran Sipenmaru

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

GALERI FOTO

POLLING

Bagaimana menurut Anda tentang Rumah Sakit QIM batang, mulai dari pelayanan, fasilitas, penunjang, tarif dan lingkungan RS. QIM ?