header rs. qim

JAM BESUK

PAGI
Jam 10.00 - 13.00 WIB : R. Perawatan
Jam 10.00 - 12.00 WIB : R. HCU
Jam 11.00 - 12.00 WIB : R. Bayi
SORE
Jam 16.30 - 19.30 WIB : R. Perawatan
Jam 17.00 - 18.30 WIB : R. HCU
Jam 17.00 - 18.00 WIB : R. Bayi

KONTAK INFORMASI

Rumah Sakit QIM
Jl.Urip Sumohardjo, Sambong, Batang, Jawa Tengah
Telp : (0285) 4495222
Fax  : (0285) 4495224

RS QIM di FACEBOOK

Beranda Artikel Manajemen Waktu
Manajemen Waktu PDF Print E-mail
Ditulis oleh Rini Saputro   
Selasa, 14 Februari 2012 09:02

Manajemen Waktu….
Tiara Asri Sasmitawati, M.Psi

Kita tidak memerlukan waktu lebih banyak, namun lebih perlu memanfaatkan waktu yang ada. Sibuk mungkin terlihat baik, tetapi sibuk tidak berarti selalu mencapai lebih banyak tujuan. Lebih baik kita mencapai tujuan, tetapi tidak terlihat sibuk dan itu akan membuat kita merasa lebih santai.

24 jam dalam sehari kadang dirasa tidak cukup, sebagai manusia merasa bahwa banyak yang belum terselesaikan dalam waktu tersebut. Apakah memang benar waktu tersebut kurang atau kita sebagai manusia yang kurang bisa memanfaatkan waktu yang ada. Kita sebagai manusia tidak dapat menambah, mengurangi, mempercepat atau memperlambat waktu, kita memiliki 24 jam dalam sehari, tidak lebih dan tidak kurang. Yang perlu kita lakukan adalah mengatur waktu dan memanfaatkannya sebaik-baiknya, bagaimanapun juga waktu merupakan salah satu hal yang paling penting yang kita miliki.
Manajemen waktu berarti menginvestasikan sedikit waktu, berusaha membuat rencana, mengorganisasikan, memeriksa ulang, mengatur kembali, memilah-milah, dan berpikir, dimana tindakan ini dapat memberikan banyak hasil. Prinsip manajemen waktu sangat sederhana : menggunakan waktu untuk benar-benar melakukan sesuatu, tetapi tidak terlalu sibuk. Siapa saja dapat menjadi sibuk, tetapi kita harus sibuk dalam mengerjakan hal-hal yang benar.
Manajemen waktu yang baik berarti menghabiskan waktu semaksimal mungkin untuk melakukan apa yang benar dengan benar. Kita benar-benar mengetahui “seberapa mendesakkah tugas ini?”, “Seberapa pentingkah tugas ini?”. Memahamai perbedaan antara apa yang penting dan apa yang mendesak dan memprioritaskan sesuai dengan tingkat kepentingannya. Manajemen waktu yang baik tidak terpancing melakukan kegiatan yang bukan merupakan prioritas dengan mengorbankan pekerjaan yang lebih penting dan mendesak.
Perencanaan merupakan tindakan yang akan menghentikan kita dari ketergesa-gesaan dan melakukan pekerjaan tanpa memastikan apakah kita melakukan pekerjaan yang benar dengan cara yang benar.
Kita dapat menyisihkan waktu untuk membuat rencana akan menghemat waktu kita di masa datang. 5 hal yang benar-benar penting adalah :

1.    Memiliki buku harian
Mengatur waktu dengan menuliskannya dalam buku harian bukan memesan waktu untuk orang lain namun memesan waktu bagi diri kita sendiri untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang harus kita selesaikan.
2.    Membuat jadwal
Jadwal akan menunjukkan apa yang perlu kita lakukan dan kapan waktu untuk melakukannya karena dengan jadwal dapat mencegah pemecahan konsentrasi, komitmen yang berlebih-lebihan atau tidak terpenuhinya waktu.
3.    Menghindari komitmen yang berlebihan
Komitmen yang berlebihan merupakan hal yang tidak menyenangkan, dan membuat kita merasa terburu-buru dan berselisih paham dengan orang lain. Kita dapat bersikap tegas untuk berkata tidak ketika tidak mengerti, ketika tidak ada waktu, atau bahkan tidak ingin melakukannya. Selain itu buku harian sangat berguna dalam hal ini untuk mengontrol jadwal kita.
4.    Menggunakan waktu luang
Kita dapat menemukan banyak waktu tambahan dengan bersikap erdik dalam menggunakan waktu luang, yang akan ‘hilang’ jika tidak dimanfaatkan.
5.    Tidak melakukan permainan kekuasaan
Kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mendapatkan kekuasaan agau karena kita berkuasa dengan membiarkan orang lain menunggu kita terlalu lama dalam suatu janji.

Apa yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya?
1.    Menentukan Batas
Kita tidak dapat melakukan semua hal tanpa pembatasan, agar kita memperoleh banyak waktu dan dapat mengaturnya dengan baik maka harus menentukan batas-batas karena tidak seorangpun dapat memenuhi semua tuntutan yang dibebankan kepadanya. Menentukan batas bukan berarti menolak namun lebih bersikap realistis tentang apa yang dapat dan tidak dapat kita lakukan.
2.    Menentukan Tujuan
Menentukan tujuan memiliki sejumlah manfaat, antara lain tujuan dapat :
-    Menambah Motivasi
-    Menambah rasa percaya diri (jika kita dapat mencapainya)
-    Membantu kita mencapai lebih banyak tujuan
-    Membantu kita menentukan bagaimana caranya untuk memanfaatkan waktu
-    Meningkatkan kinerja kita
-    Menambah kepuasan pribadi jika kita dapat mencapainya
-    Meningkatkan konsentrasi
-    Membantu kita menghilangkan stres dan/atau kecemasan
Kita tidak akan pernah mendapatkan apa yang kita inginkan kecuali kita duduk dan mendefinisikan apa yang sebenarnya kita inginkan dan membuat rencana bagaimana cara kita mencapainya. Orang yang paling sukses adalah orang yang membuat daftar tujuan dan berusaha mencapainya.
3.    Menyingkirkan Hambatan Dalam Manajemen Waktu
Ada beberapa hal yang dapat menjadi hambatan dalam manajemen waktu dan itu harus kita singkirkan jauh-jauh dari kehidupan kita agar kuta dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, antara lain :
-    Kontrol, sikap yang mempercayai bahwa orang lain dan lingkungan mengontrol waktu kita.
-    Penundaan, sedikit penundaan tidaklah terlalu buruk tapi lama-kelamaan akan berubah menjadi permasalahan.
-    Kesegeraan, kebalikan dari penundaan dimana kesegeraan sering menjadi sumber kekalahan diri. Melakukan semua pekerjaan sekarang juga, tidak pernah berpikir untuk meninggalkan pekerjaan yang masih menunggu, menganggap bahwa semua pekerjaan ‘sangat mendesak’. Inilah yang sering menjadi alasan mengapa begitu banyak orang bekerja terlalu lama.
-    Optimisme, berpikir positif merupakan hal yang baik, akan tetapi berpikir terlalu positif membuat kita menjadi tidak realistis. Orang-orang yang optimis merupakan orang yang baik dalam memulai pekerjaan tetapi tidak baik dalam mengakhiri pekerjaannya.
-    Kesempurnaan, orang-orang yang menuntut kesempurnaan menetapkan standar yang amat tinggi dan selalu berusaha mencapainya, masalahnya adalah bahwa apa yang cukup tidak pernah cukup. Orang-orang yang menuntut kesempurnaan juga merupakan orang-orang yang baik dalam memulai sesuatu tetapi tidak baik dalam mengakhirinya.
Dalam mengatur waktu yang kita miliki, jangan biarkan segala sesuatu menghalangi kita. Kita perlu memfokuskan diri pada apa yang ingin dicapai, dan mau berusaha untuk mencapainya. Setelah itu kita dapat menghemat waktu untuk melakukan hal-hal yang kita inginkan.
4.    Menuai Hasil
Manajemen waktu yang baik akan memberikan banyak keuntungan, waktu yang kita hemat akan memberi kita lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang kita inginkan.

Gunakanlah waktu kita dengan benar untuk melakukan hal-hal yang benar-benar harus kita lakukan maka kita akan bekerja tidak sebanyak sebelumnya namun akan mendapatkan lebih banyak dari yang kita bayangkan.

 

Pendaftaran Sipenmaru

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

GALERI FOTO

POLLING

Bagaimana menurut Anda tentang Rumah Sakit QIM batang, mulai dari pelayanan, fasilitas, penunjang, tarif dan lingkungan RS. QIM ?