header rs. qim

JAM BESUK

PAGI
Jam 10.00 - 13.00 WIB : R. Perawatan
Jam 10.00 - 12.00 WIB : R. HCU
Jam 11.00 - 12.00 WIB : R. Bayi
SORE
Jam 16.30 - 19.30 WIB : R. Perawatan
Jam 17.00 - 18.30 WIB : R. HCU
Jam 17.00 - 18.00 WIB : R. Bayi

KONTAK INFORMASI

Rumah Sakit QIM
Jl.Urip Sumohardjo, Sambong, Batang, Jawa Tengah
Telp : (0285) 4495222
Fax  : (0285) 4495224

RS QIM di FACEBOOK

Beranda Artikel SEGERA BERBUAT BAIK
SEGERA BERBUAT BAIK PDF Print E-mail
Ditulis oleh Rini Saputro   
Jumat, 10 Februari 2012 10:50

SEGERA BERBUAT BAIK
Oleh : Ahmad Yahya

Islam menyemangati pemeluknya untuk bersegera melakukan kebaikan karena dengan kebaikan akan memberikan rasa aman dan menjadikan hati merasa tenang ( sakinah ) dan damai.
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” ( QS. Ali Imron 133 )
“ Maka berlomba-lombalah kamu ( dalam berbuat ) kebaikan “ ( QS. Albaqoroh 148 )
Agama Islam adalah agama gerak ( bisa dibuktikan dengan ritual sholat, yang berupa gerakan-gerakan, dan wajib dikerjakan oleh seorang muslim ), agama kerja ( banyak ayat alquran yang mengandung kata-kata amala yang berarti kerja ), dan agama aktif bukan pasif. Islam tidak menghendaki para pemeluknya menjadi umat yang lemah, rendah diri, dan diam ( menganggur ). Dalam Islam, kerja keras merupakan jalan terhormat, dan merupakan kehinaan apabila menganggur dan meminta-minta, juga Islam mengapresiasi kerja yang dilaksanakan dengan cepat dan rapi . Oleh karenanya Rosulullah SAW sering kali mengingatkan umatnya agar tidak menyia-nyiakan waktu luang, yang sering kali tidak disadari bahwa waktu sangat berharga, Ingat ! bahwa hari ini akan berlalu dan berganti besok, dan hari kemarin tidak bisa ditarik kembali. Kekosongan waktu yang tidak diisi dengan kegiatan bermanfaat akan mubazir dan sia-sia. Gunakanlah waktu luang dengan aktifitas positif walaupun hanya dengan sekedar bertasbih kepada Allah. Rosulullah SAW menceritakan bahwa kelak di surga ada orang-orang yang menyesalkan waktu luangnya ketika hidup di dunia, kenapa tidak dimanfaatkan berdzikir kepada Allah dan berlalu begitu saja, padahal andaikata diisi dengan dzikir tentu akan menambah derajatnya di surga.
Kesempatan waktu luang yang tidak diambil dan dimanfaatkan akan segera lepas. Allah memberi panduan agar setiap kita  usai menunaikan aktifitas, berpindahlah dengan aktifitas  lain yang bermanfaat, sehingga sambung-menyambung menbentuk rantai kebaikan. Bukanlah di dalam Alquran, sering terungkap kata “fa aina tadzhabun ( maka akan kemana kamu pergi / melanjutkan ) ?”.
“Maka apabila kamu telah selesai ( dari suatu urusan ), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh ( urusan ) yang lain”. ( QS. Al Insyiroh 7 ).
Kemajuan dan kemunduran seseorang bahkan sebuah bangsa sangat tergantung pada mereka dalam menyegerakan pekerjan-pekerjaan dan aktifitas produktifnya. Kelambanan mereka dalam menyelesaikan masalah, akan lamban pula menggapai kemajuan. Sebaliknya semakin cepat mereka dalam berkarya dan berproduktifitas, maka akan semakin cepat pula meraih kemajuan. Pekerjaan yang bisa kita lakukan di pagi hari tidak selayaknya kita tunda hingga sore hari, dan yang bisa kita tuntaskan di siang hari sangat naif bila kita berfikir untuk menyelesaikannya di malam hari. Jalankan aktifitas hari ini dengan sebaik-baiknya karena keberhasilan kita ditentukan oleh hasil kerja kita di hari ini. “ Barang siapa yang suka melambat-lambatkan pekerjaannya maka tidak akan dipercepat hartanya “ ( HR Muslim ).
Dalam hadis lain, perintah bersegera dalam kebaikan disampaikan Rosulullah SAW, “ Bersegeralah kalian melakukan amal-amal saleh karena akan muncul berbagai fitnah yang menyerupai malam yang demikian gelap gulita. Dimana seseorang di pagi hari masih mukmin dan di sore hari menjadi kafir, menjadi mukmin di sore hari namun di pagi hari telah menjadi seorang kafir, dia tukar agamanya dengan dunia “ ( HR. Muslim Dan Ahmad ).
Jadi manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya, dengan selalu berinovasi dan berkreasi, menciptakan hal-hal baru+ yang bermanfaat dan menghindari kepasifan dalam hidup ( menganggur ). Mereka yang tidak berkreasi, dan tidak memiliki aktifitas biasanya mudah sekali dimasuki virus-virus keburukan bahkan kejahatan. Pikiran yang kosong akan mudah disusupi oleh rangsangan- rangsangan kotor, bisa menjadi penebar isu dan desas desus, bisa menjadi teroris (dimanfaatkan oleh paham menyimpang) dan yang lebih fatal menjadi pribadi pemurung dan pemarah. Ketauhilah, bahwa saat paling berbahaya bagi akal manusia adalah saat dia dalam kekosongan, dan kekosongan yang dibiarkan berlanjut akan membuat seseorang terjerat dalam kesedihan yang berkepanjangan. Karena sesungguhnya waktu kosong adalah pencuri yang cerdik dan cerdas. Maka obatilah ia dengan kerja keras, kerja cepat disertai ikhlas semata-mata untuk beribadah kepada Allah, bukan semata-mata untuk mengejar materi, agar kehidupan mendapatkan rahmat dan berkah. Kuburlah waktu kosong dengan kesibukan yang berkesinambungan dan bermanfaat. Jika anda tidak bersegera, maka bersiap-siaplah untuk binasa karena anda akan tertinggal oleh kereta zaman, sehingga anda akan menjadi kaum yang tidak berwibawa dan tidak terhormat, hanya menjadi penonton, dan seperti busa mudah dibawa oleh tiupan angin. Islam mengajarkan ;
“ Al yadul ulya khoirun minal yadis sufla ( Tangan di atas/pemberi lebih baik dari pada tangan di bawah/peminta-minta )’
Juga, “ Al mukminul qowiy khoirun minal mukminiddhoif ( mukmin yang kuat lebih baik daripada mukmin yang lemah )”.
Marilah kita sebagai muslim untuk lebih pandai memanfaatkan waktu. Berusaha, memperbaiki diri dengan kerja keras dan terarah, tentu akan mampu mengangkat harkat dan martabat kaum muslimin ,demi menyongsong hari depan yang lebih cerah. Hanya dengan kerja dan doa yang kita lakukan semoga Alloh mengangkat kita dari keterpurukan ekonomi, politik dan bidang-bidang lain hajat hidup kita.

 

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Ketersediaan Kamar

Call Center

Berita Utama

Prev Next

Pendaftaran Sipenmaru

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

GALERI FOTO

POLLING

Bagaimana menurut Anda tentang Rumah Sakit QIM batang, mulai dari pelayanan, fasilitas, penunjang, tarif dan lingkungan RS. QIM ?