header rs. qim

JAM BESUK

PAGI
Jam 10.00 - 13.00 WIB : R. Perawatan
Jam 10.00 - 12.00 WIB : R. HCU
Jam 11.00 - 12.00 WIB : R. Bayi
SORE
Jam 16.30 - 19.30 WIB : R. Perawatan
Jam 17.00 - 18.30 WIB : R. HCU
Jam 17.00 - 18.00 WIB : R. Bayi

KONTAK INFORMASI

Rumah Sakit QIM
Jl.Urip Sumohardjo, Sambong, Batang, Jawa Tengah
Telp : (0285) 4495222
Fax  : (0285) 4495224

RS QIM di FACEBOOK

Beranda Berita Selamat Hari Balita 8 April 2016
Selamat Hari Balita 8 April 2016 PDF Print E-mail
Ditulis oleh Rini Saputro   
Jumat, 08 April 2016 09:00

TIPS AGAR ANAK TIDAK TAKUT KE DOKTER oleh dr. Maftuhah Nur Beti

Jarang ada anak-anak yang senang pergi ke dokter. Tetapi, ada beberapa anak-anak yang benar-benar berkeras hati tidak mau ke dokter. Ini tidak mengherankan, mengingat bahwa sebagian besar anak-anak tidak suka ditangani oleh orang yang tidak ia kenal. Ditambah lagi adanya fakta bahwa mereka mendapatkankan gambaran yang kurang baik tentang dokter (misalnya dokter selalu menyuntik) karena ditakut-takuti oleh orang tuanya. Berikut adalah tips-tips tentang cara untuk membantu si kecil merasa sedikit lebih aman dan lebih tenang selama kunjungan berikutnya ke dokter, khususnya di Rumah Sakit QIM.

1.       Temani Anak Anda

Meskipun beberapa orang tua memiliki kakek-nenek  atau pengasuh anak yang lainnya yang bisa mengantar anak-anak ke dokter, orang tua sebaiknya mencoba untuk melakukan sendiri kunjungan pertama atau dua. Demikian kata dr. Ari Brown, penasihat majalah Parents dan penulis buku Bayi 411. "Jika seorang anak melihat bahwa ibu atau ayahnya merasa nyaman di lokasi yang baru dan bahwa orang tuanya mempercayai sang dokter, maka anak akan merasa lebih aman", jelasnya.

2.       Ajak anak membaca buku tentang dokter atau Bermain Dokter-dokteran

Bantulah anak Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan sebelum pergi ke dokter anak. Belilah mainanperlengkapan dokter-dokteran dan jas lab putih untuk berpura-pura memeriksa sehingga ia tahu apa yang harusdiantisipasi saat bertemu dokter. Tunjukkan bagaimana dokter mungkin memeriksa mulutnya, mendengarkan detak jantungnya, atau memeriksa tekanan darahnya. Gunakan timbangan untuk menunjukkan bagaimana berat badannya akan diukur. Anda juga dapat membaca buku anak-anak yang berbagi atau menggambarkan kunjungan ke dokter, seperti Dora pergi ke dokter, dan lain-lain.

3.       Pahami dan benarkan ketakutannya

Hindari mengatakan hal-hal seperti "Jangan takut," "Disuntik tidak akan terasa sakit," atau "Jangan menangis," karena hal itu hanya akan membuat Anda tampak kurang dapat dipercaya dan peduli, demikian kata dr. Donald Shifrin, MD, juru bicara American Academy of Pediatrics dan profesor spesialis anak di Fakultas Kedokteran University of Washington. Sebaliknya, katakan bahwa Anda tahu bahwa ini memang pengalaman tidak menyenangkan, tapi itu akan selesai cepat dan kita akan dapatmelaluinya bersama-sama. Yakinkan padanya bahwa Anda akan berada di sampingnya sepanjang waktu." Perlu menjadi peringatan bahwa banyak anak-anak takut ke dokter karena suntikan. Jangan pernah berjanji bahwa anak Anda tidak akan disuntik (kecuali Anda menelepon untuk mengkonfirmasi sebelumnya ke dokter). Sebaliknya, jelaskan bahwa dia tidak akanbutuh disuntik setiap saat pergi ke dokter.

4.       Berikan kenyamanan dan kendali pada anak

Duduk di meja tinggi terpisah dari ibu dapat membuat anak cemas. Pertimbangkan untuk meletakkannya duduk di pangkuan Anda sehingga ia merasa lebih aman. Seperti yang dijelaskan dr. Brown menjelaskan, "Anak-anak akan percaya bahwa tidak ada yang buruk akan terjadi pada mereka jika Ayah dan Ibu melindungi mereka." Anak-anak juga tidak merasa memegang kendali karena "adanya orang asing yang menyentuh mereka dan masuk ruang pribadi mereka," jelas Dr Brown. Bantu anak Anda agar merasa diberdayakan dengan memberikan pilihan dan bertanya misalkan ingin pertama kali diperiksa telinganya atau dadanya, mata, perut, atau yang mana dahulu, atau apakah anak Anda ingin Anda peluk. Anak juga akan menangkap isyarat orangtua mereka dan merasakan tingkat kenyamanan orang tua. Jika Anda merasa nyaman, anak Anda akan menangkap itu dan merasa lebih baik

5.      Bawa Binatang atau Mainan Favoritnya


Dot atau selimut dapat membantu menenangkan anak Anda, tetapi binatang atau boneka kesayangan mungkin berperan lebih baikdalam memungkinkan dokter untuk melakukan "praktek pemeriksaan pura-pura" yang singkat pada boneka tersebut. Anak Anda akan melihat bahwa tidak ada yang buruk terjadi, jadi dia mungkin akan baik-baik juga. Jika ada saudara yang lebih tua yang tidak takut dokter, pertimbangkan bertanya apakah mereka akan keberatan diperiksa pertama. Melihat kakak atau adik pertama diperiksaakan mengurangi rasa takut dan mendorong mereka untuk berani.

6.       Tawarkan sesuatu untuk masa yang akan datang


Cara Anda bertindak setelah kunjungan dokter akan dapat membantu mengatur pengalaman yang lebih menyenangkan diwaktu berikutnya. Ketika Anda meninggalkan tempat dokter, hujani anak Anda dengan pelukan, ciuman, dan pujian sebagai contoh, "Wah, kamu melakukannya dengan baik, Mama tidak sabar untuk memberitahu eyang atau ayah betapa beraninya kau," demikian saran Dr. Shifrin. Atau ajak anak Anda untuk melihat film atau bermain. Prlakukan anak seperti telah terjadikondisi yang baik, karena jika anak Anda tidak mampu mengendalikan kecemasan, maka ia akan merasa buruk. Selain itu, tunjukkan juga hal-hal menyenangkan yang terjadi selama kunjungan (misalnya mungkin dokter memberi anak Anda stiker) dan ulangi betapa bangganya semua orang akan dirinya.

7.       Percayalah pada Insting Anda


Ketika memilih dokter anak, kepribadian adalah sama pentingnya dengan pengetahuan dan keahlian sang dokter. Beberapa anak-anak akan takut dengan dokter, tetapi jika anak Anda tampaknya benar-benar takut dokter, minta dia untuk menjelaskan mengapa ia takut dan bicarakan dengan orang tua yang lain yang mungkin memiliki dokter yang sama. Jika ketakutan anak Anda ada dasarnya, anda juga bisa dokter yang baru, dan jangan lupa untuk meminta orang tua lain untuk merekomendasikan dokter yang  mereka dipercaya.

Selamat Hari Balita 8 April 2016
Last Updated on Jumat, 08 April 2016 09:38
 

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Ketersediaan Kamar

Call Center

Berita Utama

Prev Next

Hari Kanker Sedunia

04 Feb 2021 Hits:329

    Read more

Lawan Corona

26 Mar 2020 Hits:611

Read more

Pendaftaran Sipenmaru

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.